Kegiatan Al-Kalam Recycle Community (ARCy)

Salah satu dampak kebutuhan materi dalam kehidupan manusia adalah sampah. 
Sampah organik telah banyak diupayakan daur ulang. Kompos dan pupuk organik lainnya adalah contoh hasil daur ulang sampah organik. Sampah organik masih dapat diproses oleh alam karena mengalami pembusukan. 
Sampah lain yang berbahaya bagi manusia, lingkungan dan ekosistem adalah sampah non organik seperti bahan-bahan plastik. Bungkus makanan, kemasan pasta gigi dan botol minuman semakin hari semakin banyak. Perlu waktu puluhan bahkan ratusan tahun alam melakukan daur ulang sampah bahan-bahan plastik itu.

Al-Kalam Recycle Community (ARCy) adalah salah satu program unggulan Yayasan Al-Kalam dalam bidang lingkungan hidup. Sejak tahun 2008 ARCy telah mendaur ulang sampah bahan plastik menjadi barang-barang bernilai ekonomi. Sampah bahan plastik telah menginspirasi dan menghasilkan karya kreatif sebagai bentuk kepedulian kami kepada lingkungan hidup.

Dengan bekal pengalaman selama ini, kami terus berupaya memanfaatkan sampah bahan plastik untuk berbagai kegiatan kreatifitas masyarakat dan anak-anak sekolah. ARCy mempunyai semangat bahwa tidak ada satupun hasil ciptaanNya yang sia-sia. ARCy selalu mendukung semua kegiatan yang mengubah keadaan dari “tak berguna menjadi sangat berguna”.


Berbagai Kegiatan

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan ARCy adalah:
  1. Pelatihan daur ulang sampah kepada berbagai lapisan masyarakat.
  2. Pelatihan kreatifitas kepada guru-guru 
  3. Pengembangan produk-produk daur ulang yang layak jual dan fungsional
  4. Mengembangkan kemitraan dengan pelaku usaha dalam mengembangkan program CSR di bidang Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan masyarakat

Program Pengembangan ARCy

Kumpulan ibu2 di Bangka dengan antusias memamerkan
sebagian karya untuk didokumentasikan

Peserta pelatihan yang difasilitas oleh Disnaker Kabupaten Bandung
berpose sebelum melaksanakan magang di Kantor  CNI Cabang Bandung 



Aneka produk daur ulang

Berbagai kegiatan daur ulang

Inilah hasil karya daur ulang sampah


ARCy mempunyai tekad untuk mengembangkan program kreatifitas 
daur ulang sampah ini ke tingkat International. 

Komentar

Postingan Populer